Buku tentang Sistem Peradilan Adat Dayak

Hal-hal yang dimuat dalam buku ini mencakup; Gambaran Suku, Kelembagaan Adat, Mekanisme Penyelesaian Perkara Adat dan Sanksi Adat.

Gambaran suku mencakup nama suku, bahasanya, asal suku, tempat menetapnya sekarang, perpindahan, alasan perpindahan, proses perpindahan, penyebaran suku, jumlah penduduknya, cara pengelolaan wilayah adatnya, dan hubungan dengan suku-suku tetangganya.

Kelembagaan mencakup Lembaga/organisasi apa saja yang ada di suku ini, struktur masing-masing lembaga tersebut, peran (tugas) dan kewenangan masing-masing lembaga tersebut, peran dan kewenangan pada setiap tingkatan dan wilayah pada masing-masing lembaga tersebut, syarat untuk menjadi pejabat masing–masing dalam struktur kelembagaan adat, lama masa jabatannya, upacara pengukuhannya dan cara pemberhentiannya.

Mekanisme Penyelesaian perkara mencakup kewenangan dalam menyelesaikan perkara, pihak-pihak yang ikut hadir dalam penyelesaian perkara adat, tahapan/proses dalam perkara adat, Jenis-jenis perkara adat, alat-alat/ benda-benda dalam perkara adat dan maknanya.
Sedangkan sanksi adat meliputi prinsip/nilai-nilai/pertimbangan yang dipegang dalam menjatuhkan hukuman/sanksi adat, bentuk-bentuk hukuman/sanksi adat yang pernah ada dan masih berlaku, bentuk hukuman/sanksi adat yang pernah ada dan tidak berlaku lagi, jenis-jenis hukuman/sanksi adat, dan penerapan hukuman/sanksi adatnya.

Minggu, 13 Juli 2008

1 Comment:

Santo 's Home said...

Saya tertarik sekali dengan buku "Sistem Peradilan Adat Dayak." Bisakah saya memiliki (beli)? Dimana? Kontak kemana?
Trims
Santo (0818158512)

 
Masyarakat Advokasi Mandiri - Wordpress Themes is proudly powered by WordPress and themed by Mukkamu Templates Novo Blogger